Widget HTML Atas

PR semua youtuber adalah meningkatkan jumlah view dan subscriber

Traffic terbesar berasal dari Suggested Video

Jika pada blog, organic traffic didapat paling banyak melalui proses SEO. Sedikit berbeda pada Video. Ternyata, saat ini traffic terbesar berasal dari 'Suggested Video'.

Jadi buat para Youtuber, sepertinya harus mulai fokus bagimana mendatangkan trafik dari situ. Saat ini, ada teknik yang banyak dipakai oleh para Youtuber dunia untuk mendapatkan trafik dari 'Suggested Video'. Ada yang menyebutnya teknik sequal atau Similiarity Technique.

Simpelnya, teknik ini melakukan segala upaya agar video kita muncul di list suggested video, pada saat sebuah video populer (yang niche nya sama dengan kita) sedang di tonton. Kita mepet sebuah video populer supaya setelah video itu selesai di tonton, video kita di rekomendasikan google untuk ditonton di menu 'next to watch'.

Gambaran sederhana, langkahnya mungkin begini..

Cari video yang paling populer, di niche atau tema video yang sama dengan video kita. Gunakan YT search. Lihat dan amati video nya.
Cari point penting nya apa, kenapa video itu bisa populer dan mengundang banyak view.
Tiru point penting nya. Buat dengan redaksi dan gaya penyampaian kita. Sehingga menjadi unik dan tidak berkesan menjiplak.
Tambal kekurangannya. Buat video kita lebih baik dari yang dia buat. Baik dari segi isi materi, editing dan penyajian nya, bahkan mungkin durasinya. "Make a better and more awesome video"
Secara algoritma, video kita akan disandingkan atau masuk kategori 'similliar' alias mirip dengan video populer tersebut, jika video kita mempunyai judul, keyword, deskripsi dan hashtag yg relatif sama. So, tiru saja. Hal ini sah-sah saja asal tidak stalking keyword (memasukkan kata kunci yang tidak ada kaitan dengan video yang kita upload).

Meniru

Namun ingat sekali lagi. Meniru bukan berarti menjiplak. Lakukan hal ini dengan elegan dan sewajarnya. Saya tidak perlu mengajarkan hal ini. Ada faktor lain yang bikin video kita masuk ke list 'Suggested Video', yaitu expected watch time. 15 detik pertama video kita adalah indikatornya.

15 detik pertama video kita ditonton

Jika makin banyak 15 detik pertama video kita ditonton, kemungkinan besar video kita akan masuk ke list ini. Yootube sangat menghargai video yang membuat penontonnya betah menyimak hingga akhir video. Video dengan durasi lebih panjang, punya kesempatan lebih baik dalam mendapatkan expected wacth time. Challenge diri kita membuat video minimal 10 menit dan tetap enak untuk dinikmati hingga akhir.

Kesalahan umum Youtuber

Kesalahan umum Youtuber, adalah mengisi 15 detik pertamanya dengan intro animasi yang membosankan, atau malah hanya diisi dengan ajakan like, komen, subscribe dll. Cobalah ganti 15 detik pertamanya dengan spoiler atau bocoran inti video. Yang bikin penasaran audience untuk menyimak lebih lama. Minimal hingga setengah durasi video, atau hingga mereka mendaptkan poin inti video kita. Syukur-syukur jika mereka mau menonton sampai habis.

Membuat konten unik dan lebih baik

Intinya kembali lagi ke konten. Setelah menemukan video populer, kita harus membuat konten unik dan lebih baik atau minimal sama dengannya. Baik dari segi judul yang dibidik, keyword, deskripsi dan hashtagnya. Penjelasan pembuatan konten unik ini pernah saya buat dan saya bagikan disini. Prinsipnya bisa diterapkan juga untuk proses pembuatan video.

Banyak diabaikan oleh orang yang menganggap dirinya youtuber


NB :
Link ini (https://creatoracademy.youtube.com/page/home) banyak diabaikan oleh orang yang menganggap dirinya youtuber... padahal di link tersebut sangat bermanfaat..

Ya wajarlah karena Negara Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca, padahal dari segi penilaian infrastuktur untuk mendukung membaca, peringkat Indonesia berada di atas negara-negara Eropa.

Tahun 2017 lalu akhirnya saya menyadari bahwa "Harus sekolah dulu baru jadi youtuber.. bukan langsung tancap bikin channel dan upload" Selamat berkreasi para ' Content Creator' indonesia. Tetap konsisten, Jadilah Unik dan jadilah diri sendiri. Sukses buat semua nya..Amin. (Artikel Diadaptasi dari Grup FB Konten Kreator)
Andi Hasbi Jaya
Andi Hasbi Jaya Adalah seorang blogger sekaligus Konten Creator dengan latar belakang ilmu kependidikan yang menekuni bisnis internet sejak tahun 2008 dan sesekali menulis di beberapa blog miliknya, dan konsisten mengembangkan Channel Youtube pribadinya "HasbiTubeHD". saat ini ia tinggal di Makassar, menjalani hidup yang indah sebagai Ayah untuk 3 orang anak dan suami untuk seorang bidadari.

No comments for "PR semua youtuber adalah meningkatkan jumlah view dan subscriber"