Buah langka dan unik

Buah Langka adalah buah yang jarang kita jumpai, namun memiliki rasa khas tersendiri dikala kita memakannya. Buah ini saya jumpai tumbuh di daerah Pangkep sulawesi selatan tepatnya di kampung buung, ciri ciri dari buah Langka ini


Dengan tinggi pohonnya sekitar 1 meter, daun yang lonjong dan kasar, bunganya berwarna ungu sedangkan buah dari pohon ini sebesar kelereng dengan daging buahnya berwarna hitam.


Yang menarik dari buah ini adalah rasanya ketika kita memakannya ( rasa manis bercampur kecut dan pekat) bahkan zat warna hitamnya dapat melekat pada gigi.

Penduduk yang tinggal dilereng gunung menyebutnya dengan nama buah bakke-bakke, namun dengan rasa pengen tahu mengenai apa nama latin dari buah unik ini


Saya googling di google image dengan memasukkan gambar yang telah saya upload, namun saya tidak mendapatkan hasil yang akurat tentang buah langka ini. Mungkinkah buah langka yang saya maksud terdapat didaerah lain dengan julukan yang berbeda.?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

14 Responses to "Buah langka dan unik"

  1. di jawa timur banyak buah yg seperti ini,saya banyak menemukannya di pinggiran hutan2 kawasan pacet-mojokerto, orang2 biasa menyebutnya buah TRENGGANIS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims Mas atas masukaanya ternyata buah unik diatas mempunyai nama tersendiri "Buah Trengganis"

      Delete
  2. di palembang paling banyak buah ini rasanya manis cuma warna getah setelah makan suka nempel di baju dan susah hilangnya

    ReplyDelete
  3. Ha ha ha buah semacam ini, banyak di kampung saya, orang-orang kampung menyebutnya buah "biccoro" waspadalah saat memakannya karena getahnya tidak dapat hilang pada baju, lidah pun akan berwarna hitam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah satu lagi nama dari buah langka yang saya maksud orang buton menyebutnya dengan nama "buah biccoro" . Trims Mas atas masukannya

      Delete
  4. ga usah jauh-jauh ke palembang atau sulawesi mas di tempat jawa barat aj banyak,di tempat saya rangkas bitung banten namanya " harendong"
    bkn cm buahnya yg mmliki rasa ,daunnya jg mmliki rasa ga beda jauh sama buahnya...asem gmna gtoooh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims Bro atas kunjungan dan masukaannya, wah rupanya di banten juga terdapat buah unik ini, Buah harendong rasanya yang asem..

      Delete
  5. Ditempat saya, kalimantan, itu nmanya karamunting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini karamunting...jon.
      tanaman Liar..tumbuh di lereng2 gunung, sebangsa semak bunganyaungu muda. buah muda berbulu, jika sudah matang coklat kemerahan. rasanya manis asam. karamunting(borneo),kemunting(sunda), Harimonting(batak toba)

      Delete
    2. Oke thanks mas bayu atas tambahan penjelasannya

      Delete
  6. Senggani (Jawa) atau kedebik (Melayu). Nama latinnya Melastoma malabathricum L.. Yang agak mirip dengannya dan buahnya lebih besar namanya Kemunting (Rhodomyrtus tomentosa). Orang sering rancu.

    Senggani banyak tumbuh di pinggir kali di desa saya semasa kecil. Salam tanaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam tanaman terimakasih atas tambahan komentarnya pak |o|:-bd, ternyata sudah ada dalam wikipedia hanya saja belum tersedia dalam versi bahasa Indonesia, Insyah Allah seluruh komentar dengan nama daerah dari buah Melastoma malabathricum, akan saya rangkum dan menulisnya pada wikipedia.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel