Blog ini menjadi media untuk menumpahkan catatan keseharian saya dan sekaligus menjadi tempat berbagi terhadap segala hal
Buah Kirasa, Manggis Hutan Rasanya Kecut Dan Sepat

Buah Kirasa, Manggis Hutan Rasanya Kecut Dan Sepat

Buah Kirasa, Manggis Hutan Rasanya Kecut Dan Sepat

Sekilas buah ini begitu mirip dengan buah manggis, buah ini saya jumpai di kawasan hutan lindung kabupaten pangkep, awalnya saya tidak percaya kalau buah ini dapat di makan. Namun karena timbul rasa penasaran hingga saya memberanikan diri untuk mencoba mencicipinya.

Dalam hati timbul keraguan jangan sampai buah ini beracun, saya pun berjalanan menghampiri pohonnya berniat untuk memetik buahnya. Namun ternyata dibawah pohon yang lebat dan rimbunnya itu saya melihat buah yang berserakan terjatuh dari pohonnya, mungkin karena buah tersebut sudah matang atau terjatuh akibat dari terpaan angin. jadi saya tak menyempatkan diri untuk memanjat pohonnya.

Saya pun mengambil satu biji buah yang mirip buah manggis itu. Tapi setelah saya membuka kulitnya tampaklah isinya yang berwarna putih yang tersusun rapi, benar benar mirip buah manggis gumamku dalam hati.


Tanpa rasa ragu saya pun mencicipinya dan woww..rasanya yang bercampur masam kecut, sepat dan sedikit manis. Hmmm sangat berbeda dengan yang saya bayangkan , rasanya sangat berbeda dari buah manggis. Berhubung saya dalam keadaan haus dan dahaga saya pun melahapnya beberapa biji. Maklum perjalanan menuju tempat kerja saya yang cukup menguras tenaga membuat diriku lupa akan dampak yang ditimbulkan dari memakan beberapa biji buah mirip manggis ini.


Timbullah rasa ingin tahu saya mengenai asal usul dari buah ini, sayapun memasukkan beberapa biji buah kedalam ranselku. Setiba di lokasi tempat saya mengajar saya pun meyempatkan diri untuk menanyakannya kepada warga tetang buah tsb.


Saya pun mengeluarkan beberapa biji buah yang ada dalam saku ranselku dan menunjukkannya kepada salah seorang warga. Pak buah apakah ini saya menemukan buah ini dihutan tadi pagi sewaktu menuju kesini. Apakah buah ini dapat dimakan atau tidak? Spontanitas ia menjawab bahwa buah ini namanya buah kirasa. Buah ini dapat dimakan. Buah ini tumbuh liar di kawasan hutan perkampungan buung, entalah buah ini tumbuh secara alami ataukah ditanam oleh pihak kehutanan. Jika tidak ada orang yang mengambil buahnya maka buahnya akan dimakan oleh monyet dan burung. Begitulah penjelasan yang saya dapatkan dari salah seorang warga.


Akan tetapi saya tidak sampai disini ingin tahu lebih jauh mengenai buah kirasa/buah mirip buah manggis. Sepulang dari mengajar saya pun menyempatkan diri googling tetang asal usul buah ini. Tapi dari beberapa hasil yang saya peroleh, sepertinya buah ini termasuk dalam familia Manggis (Garcinia mangostana L) mungkin karena kondisi alam tempat tumbuh pohon kirasa ini hingga terjadi perbedaan baik dari ukuran buah dan rasanya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments