image
Beginilah Cara Saya Mendaftar Gnews Hingga Diterima

Beginilah Cara Saya Mendaftar Gnews Hingga Diterima

Kadang kala saat saya mencari sesuatu dilaman google dengan mengetikkan kata kunci saya menjumpai hasil pencarian lain dari pada yang lain, Muncul tulisan Dalam Berita pada title atau judul postingan yang sesuai dengan kata kunci yang saya cari, Berawal dari sinilah rasa ingin tahu saya mengenai apa maskud dari pemberian lebel dalam berita pada indeks beberapa situs di google.

Mendaftar Gnews Hingga Diterima

Menurut penjelasan yang saya baca pada wikipedia:
Google News merupakan layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Google News juga menyediakan layanan pencarian berita dengan hasil pencarian berupa-berita yang sesuai dengan kata kunci. 
Berita yang muncul di baris pertama hasil pencarian adalah berita yang paling banyak dibaca dan yang terbaru. Meski berita-berita sudah diseleksi secara otomatis, tetapi situs-situs berita yang muncul dalam layanan ini dipilih secara menual oleh pengguna. Google News menyediakan fitur News Archives Search untuk mencari berita-berita lama. 
Bagi seseorang yang menginginkan berita dari luar negeri yang selalu berkembang dapat mengunjungi alamat situs Google News di http://news.google.com/. Google News adalah layanan berita dalam bahasa Inggris, yang berisi informasi dari lokal (US) maupun dunia (World). Pada situs ini fasilitas pencarian tetap disertakan, tentunya untuk memudahkan pengunjung untuk mengakses berita. 
Berita yang disajikan, selain dalam bahasa Inggris bisa pula ditampilkan dalam bahasa lain, seperti Perancis, India, China, Jepang, Rusia, Arabic, dan masih banyak lagi.
Meskipun Google Web (http://google.com) dapat menyajikan headline berita secara otomatis ketika seseorang mencari dokumen web, namun jika seseorang memang berniat untuk mencari berita maka ada baiknya seseorang langsung mengakses Google News.

Sebagai sebuah media online, maka tentu harapan pengunjung terbesar diraih dari Google selain dari sosial media. Karena itulah salah satu yang saya kejar ketika membuat situs berita online adalah tampil di laman pencarian google berita atau biasa disebut Google News.

Hal pertama yang saya lakukan adalah membeli domain dan juga hosting yang menurut saya cukup kredibel untuk menampung pengunjung situs berita. Untuk domain, karena saya berusaha membangun situs berita yang kredibel saya tidak ingin menggunakan nama asal-asal. Baik domain dan hosting tidak ada hubungannya dengan Gnews.

Setelah semuanya siap, mulailah saya mencari tahu tentang Gnews. Salah satu artikel yang menurut saya cukup baik menerangkan bagaimana mendaftar Gnews adalah postingan di Ads.Id ini.

Cuma tentu saja tidak semua hal yang diungkapkan disana saya lakukan. Saya hanya mengerjakan apa yang saya sanggup.

Untuk Themes saya menggunakan theme dari Magazine. Tentu saja Anda bisa memilih theme yang lain. Karena yang kita inginkan adalah web berita, maka usahakan webnya seperti web berita pada umumnya dan memiliki navigasi yang baik.

Selanjutnya seperti pada postingan di ads.id tersebut saya membuat rubrik-rubrik dan juga yang paling penting mengganti permalink menjadi /%postname%/%post_id%/ Dan ikuti aja langkah-langkahnya sesuai postingan tersebut.

Oh ya, di tutorial tersebut dia membuat gnews dalam bahasa Inggris, tetapi saya membuat dalam bahasa Indonesia sehingga bahasa yang saya gunakan di halaman pendukung menggunakan bahasa Indonesia.

Lalu saat semuanya siap, saya pun mengupdate dengan berbagai berita. Fokus saya kebanyakan memuat berita-berita dari pers release baik instansi pemerintah, lembaga maupun swasta ditambah dengan translate berita internasional.

Untuk membangun kredibiltas saya membuat akun email sesuai nama domain misalnya redaksi@namasitusberitaanda.com. Walau mungkin tidak begitu pengaruh dengan gnews, tetapi biasanya banyak lembaga yang akan dengan senang hati mengirimkan ada pers releasenya.

Saya memposting berita setiap hari setidaknya 4-5 perhari dan mensubmit ke Gnews setelah 2 bulan. Untuk submit Gnews anda bisa baca tutorialnya Ads.ID.

Dan setelah saya submit, besoknya saya langsung mendapat email dari tim Gnews.
Thank you for your interest in sharing your content with us. However, when we reviewed your site, we found that we cannot include it in Google News at this time. We have certain guidelines in place regarding the quality of sites which are included in Google News. Please feel free to review these guidelines at the following link: https://support.google.com/news/publisher/answer/40787?hl=en We know it can be frustrating to not have more information about this but we appreciate your efforts and understanding. Please keep in mind that we will be unlikely to review your site for at least 60 days following this email.
Yah, ditolak. Tetapi kabar baiknya, saya masih bisa mengajukan lagi dalam 60 hari. Jadilah saya tetap semangat mengupdate web berita saya. Dan setelah merasa cukup pede, akhirnya saya pun mengirimkan kembali permintaan ke Gnews dan dalam waktu hampir seminggu ada balasan dari Google
This message is to confirm that we’ve reviewed and added your site to Google News. The inclusion of your articles should be processed within the next few days. To find articles from your site in Google News, you can use our “site:” operator. To do so, enter “site:” followed by the domain of your site and click on “Search News.” For example, to search for articles from the NewsSite, you’d enter [ site:newssite.com ].
Yeay.. situs berita saya diterima di Gnews. Saya belum bisa melihat situs berita saya tampil di Gnews langsung karena butuh waktu sehari untuk melihat perubahannya dan website saya tampil di halaman berita pencarian google.(zoelk)
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 comment

berarti butuh 5 bulan nih

Balas