Widget HTML Atas

Mengenal Buah Rambusa si Markisa Mini

BUAH RAMBUSA

Halo semua. Selamat datang kembali di channel HasbiTubeHD. Ada buah yang unik nih. Buahnya kecil berbentuk bulat. Buah itu terbungkus oleh jaring. Itulah buah rambusa. Buah rambusa memiliki nama Latin passiflora foetida. Ia berasal dari keluarga Passiflora. Jadi buah ini masih kerabat dekat dengan buah markisa dan buah erbis.

Pohon rambusa berbunga cantik. Bunganya besar berwarna putih dengan semburat warna ungu. Kelopaknya berbentuk seperti rambut. Setelah terjadi penyerbukan, bunga berubah jadi buah. Buah rambusa yang sudah tua terbungkus oleh jaring. Jaring ini berasal dari kelopak bunga yang berubah jadi jaring.

Memiliki banyak Biji

Buah rambusa memiliki banyak biji yang terbungkus oleh daging buah yang berlendir, mirip biji buah markisa. Namun, ukurannya sangat mini. Garis tengahnya sekitar 1,5 - 3 cm saja. Kira-kira sebesar tomat ceri. Hm... pantas, kan, kalau rambusa disebut markisa mini

Perkembangan buah rambusa sejak jadi buah dengan mahkota bunga dan serbuk sari masih menempel di tubuhnya sampai jadi matang dengan terbungkus jaring. Pohon rambusa diduga berasal dari negara-negara beriklim tropis di Amerika. Kemudian pohon itu berkembang ke daerah tropis lainnya di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Rambusa Mempunyai beberapa Nama

Di Indonesia sendiri, rambusa mempunyai beberapa nama. Di Jawa disebut ceplukan blungsun. Orang Sunda menyebutnya buah rajutan, buah kaceprek. Orang Melayu menyebutnya timun padang. Sedangkan di luar negeri disebut wild water melon atau semangka liar.

Pohon rambusa adalah tumbuhan rambat yang tumbuh liar di tempat yang mendapatkan sinar Matahari penuh, seperti di hutan, pesisir pantai, ladang, sawah, atau tanah-tanah terbuka lainnya. Buah rambusa yang sudah matang dapat dimakan langsung. Rasanya campuran rasa asam dan manis/Rasa Permen Nano-nano.

Buah Rambusa Kaya akan Nutrisi

Buah ini mengandung cukup banyak nutrisi. Seperti kalsium, zat besi, vitamin C dan mineral, beberapa nutrisi lainnya. Namun sebaiknya kamu berhati-hati loh jika ingin memakan buah Rambusa, jangan sampai kamu makan buah rambusa muda, karena buah yang masih muda tergolong dalam buah beracun.

KESIMPULAN

  • Nama Latin : Passiflora foetida
  • Buah terbungkus oleh jaring
  • Memiliki banyak Biji
  • Tumbuh pada daerah tropis
  • Rambusa adalah tumbuhan rambat
  • Kaya akan Nutrisi
  • Tergolong buah beracun saat masih muda

TONTON VIDEONYA :


Teman teman inilah saatnya untuk mengisi ulang otak Anda dengan Informasi yang lebih bermanfaat. Di Channel ini Anda akan menemukan banyak hal menarik dan berguna banyak energi positif serta informasi bermanfaat.

Jika Anda pertama kali berkunjung ke channel ini, kami berharap Anda menyukainya silahkan Subscribe supaya Anda tak ketinggalan video-video terbaru kami yang kami rilis setiap hari. Terima kasih sudah menonton.
Andi Hasbi Jaya
Andi Hasbi Jaya Adalah seorang blogger sekaligus Konten Creator dengan latar belakang ilmu kependidikan yang menekuni bisnis internet sejak tahun 2008 dan sesekali menulis di beberapa blog miliknya, dan konsisten mengembangkan Channel Youtube pribadinya "HasbiTubeHD". saat ini ia tinggal di Makassar, menjalani hidup yang indah sebagai Ayah untuk 3 orang anak dan suami untuk seorang bidadari.

No comments for "Mengenal Buah Rambusa si Markisa Mini"