Istilah-istilah google adsense

AdSense yaitu program hubungan kerja periklanan lewat media Internet yang diadakan oleh Google. Lewat program periklanan AdSense, yang memiliki website situs atau situs (blog) yang sudah mendaftar serta di setujui keanggotaannya diijinkan menempatkan unit iklan yang wujud serta materinya sudah ditetapkan oleh Google pada halaman situs mereka. Yang memiliki website situs atau situs (blog) bakal memperoleh pemasukan berbentuk pembagian keuntungan dari Google untuk tiap-tiap iklan yang diklik oleh pengunjung website, yang di kenal untuk system pay per click (ppc) atau bayar per click.

Apa Itu Google Adsense

Tak hanya sediakan iklan-iklan dengan system bayar per click, Google AdSense juga sediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) serta iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, yang memiliki website situs bisa menempatkan kotak pencarian Google pada halaman situs mereka. Yang memiliki website bakal memperoleh pemasukan dari Google untuk tiap-tiap pencarian yang dilakukan oleh para visitor melalui kotak menu pencarian itu, yang berlanjut dengan click pada iklan yang diikutkan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, yang memiliki website bakal terima pemasukan sesudah click pada iklan berlanjut dengan aksi spesifik oleh pengunjung yang sudah disetujui pada Google dengan pemasang iklan itu.

Istilah-istilah dalam AdSense

1. Publisher
Publisher atau penayang iklan yaitu orang atau yang memiliki website situs yang telah tercatat atau telah di setujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk menempatkan iklan AdSense di website mereka. Publisher yang menayangkan iklan google dimaksud publisher google adsense. Pada mulanya publisher google adsense mesti mendaftar dahulu ke Google Adsense serta baru dapat menayangkan iklan google di website situs mereka sesudah aplikasi di setujui. Tiap-tiap publisher google adsense cuma diijinkan mempunyai satu account google adsense, tetapi mereka diijinkan menempatkan iklan google di seluruh website mereka yang penuhi kriteria program google adsense.

2. Ad Units
Yang disebut dengan Ad Units yaitu iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terbagi dalam sebagian type serta sebagian ukuran. Yang paling umum yaitu type iklan teks. Pada waktu pengunjung mengklik unit iklan ini, maka ( bila sah) pemasang iklan bakal memperoleh pemasukan sesuai sama dengan nilai CPC-nya.

3. Link Units
Link Units hampir sama juga dengan Ad Units, cuma saja formatnya serupa dengan format menu yang umum kita jumpai di situs-situs situs. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units yaitu pada waktu pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia bakal diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru bakal memperoleh pemasukan jika pengunjung mengklik satu diantara Ad Unit yang ada pada halaman itu. Pada prakteknya, Link Units dapat dibuktikan membuahkan pemasukan semakin banyak dibanding Ad Units umum.

4. AdSense for Content
AdSense for Kontent yaitu iklan AdSense yang dipasang didalam satu halaman. Iklan-iklan yang muncul yakni jenis iklan yang memilki kaitan dengan isi halaman itu. Atau istilahnya memakai rencana kontekstual. Ad Units serta Link Units yaitu yang terhitung dalam AdSense for Kontent ini
.
5. Alternate Ads
Pada AdSense for Kontent, iklan tak senantiasa nampak. Penyebab diantaranya dapat lantaran memanglah stock iklan yang terkait dengan isi website telah habis atau Google tak dapat mentafsirkan apa isi blog itu sebenarnya. Bila ini berlangsung, dengan cara default, yang dipertunjukkan yaitu iklan service penduduk atau kerap di kenal dengan arti PSA (Public Service Ads). Lantaran bertipe donasi, maka bila diklik, iklan ini tak membuahkan apa-apa untuk publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk menempatkan Alternate Ads atau iklan alternatif. Bila Ad Units yang di buat sudah diatur dengan memakai Alternate Ads, maka jika Ad Units itu tak bisa muncul, yang kelihatan yakni iklan pilihan lainya yang telah diatur pada sebelumnya.

6. Channels
Channels yaitu sejenis label yang bisa diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, serta Referrals. Satu unit iklan bisa mempunyai kian lebih satu label, serta sebaliknya, satu label bisa dipakai untuk kian lebih satu unit iklan. Pada halaman laporan Google AdSense, hasil laporan bakal dikelompokkan menurut Channels, hingga pemakaian Channels bakal benar-benar mempermudah publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Biasanya, publisher bakal berikan nama Channels pada iklan yang serupa pada tiap tiap unit iklan yang ada di satu website. Bila mau nampak detail, boleh boleh saja untuk memeberi nama Channels yang tidak sama pada tiap-tiap unit iklan di tiap-tiap website. Yang butuh diingat, optimal jumlah Channels yang diijinkan waktu ini yaitu 200 kanal.

7. Page Impressions
Page Impressions yaitu jumlah yang memperlihatkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units di buka oleh pengunjung. Nilainya tak dipengaruhi oleh jumlah Ad Units yang ada pada halaman yang berhubungan.

8. Clicks
Clicks yaitu jumlah click pada Ad Units punya publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher bisa lihat keseluruhan click yang ia peroleh, ataupun menurut Ad Units atau Channelnya.

9. CTR (Clickthrough Rate)
CTR yaitu perbandingan pada perhitungan banyaknya persen pada jumlah click yang di terima satu Ad Units dengan jumlah penampilan Ad Units itu. Umpamanya, satu Ad Units yang dipertunjukkan 40 kali serta diklik 10 kali mempunyai nilai CTR 25% (10 : 40).

10. CPC ( Biaya Per Click)
CPC yaitu jumlah duit yang bakal diperoleh oleh publisher jika Ad Units spesifik diklik. Nilai CPC tiap-tiap Ad Units tidak sama serta ditetapkan oleh banyak factor, terhitung performa serta mutu website punya publisher. Tetapi dengan cara umum, nilai optimal yang barangkali yaitu 20% dari nilai tawaran dinamis yang di tawarkan oleh pemasang iklan.

11. eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM ( Biaya Per Million) yaitu hasil pembagian pada jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1. 000) yang ia peroleh dari iklan-iklannya. Untuk perumpamaan, publisher yang membuahkan USD 200 dari 50. 000 impressi bakal mempunyai nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).

Kebijakan program AdSense
Walau program AdSense berikan keuntungan yang besar, Google mengambil keputusan aturan ketat membuat perlindungan kebutuhan seluruh pihak yang terlibat, terhitung pemasang iklan yang kerap dirugikan oleh aksi tak terpuji yang memiliki website anggota program AdSense. Sebagian larangan Google yang perlu ditaati yang memiliki website situs atau situs (blog) peserta program AdSense yaitu :
  • Mengklik iklan yang dipertunjukkan website punya sendiri, baik lewat cara manual atau mungkin dengan pertolongan piranti lunak khusus
  • Dengan berniat mendorong pengunjung website untuk mengklik iklan yang dipertunjukkan, umpamanya dengan kalimat “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”
  • Merubah wujud serta ukuran unit iklan yang sudah ditetapkan Google
  • Bikin pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
  • Isi dengan cara automatis kotak pencarian AdSense dengan Keyword tertentu
  • Merekayasa tujuan iklan dengan katakunci tersembunyi atau mungkin dengan IFRAME
  • Kode unit iklan AdSense mesti diletakkan segera pada kode html Website situs tiada pergantian. Yang memiliki website tak diijinkan merubah kode AdSense dengan argumen apa pun, umpamanya dengan tujuan menampilkan hasil click di jendela pop up atau mengalihkan tujuan iklan.

Optimisasi Pendapatan AdSense
Potensi keuntungan ikuti program AdSense bikin banyak yang memiliki website situs meningkatkan beragam cara untuk menambah jumlah click pada iklan yang mereka tayangkan. Beberapa cara dapat dibuktikan ilegal serta melawan kebijakan resmi program AdSense. Cara yang lain diijinkan, juga didorong penggunaannya oleh Google. Sebagian cara yang dikira sah yaitu :

  • Memodifikasi warna unit iklan memakai palet warna yang disiapkan AdSense
  • Letakkan unit iklan pada posisi spesifik pada halaman situs yang dikira mempunyai tingkat keterbacaan tinggi 
  • Menyingkirkan garis pinggir unit iklan serta menyamakan warna latarnya dengan warna latar halaman situs hingga unit iklan tampak membaur dengan isi halaman

Banned Google AdSense
Banned google adsense yaitu suatu larangan menampilkan iklan google di website situs publisher, di mana ragu ini dijatuhkan oleh google adsense untuk publisher yang tidak mematuhi kebijakan program. Banned google ada sebagian jenis, pertama iklan tidak diaktifkan hingga iklan tak dapat tampak pada satu diantara halaman spesifik yang dikira tidak mematuhi kebijakan program. Lalu website tidak diaktifkan hingga website situs tak dapat menampilkan iklan di seluruh halamannya. Serta yang paling akhir yaitu account adsense tidak diaktifkan, ini yaitu hukuman untuk pelanggaran berat hingga publisher tak dapat lagi menampilkan iklan di seluruh website situs kepunyaannya serta tak diijinkan lagi mendaftar di google adsense dengan cara permanen.

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjugi website resmi Google AdSense : www.google.com/adsense‎

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Istilah-istilah google adsense"

  1. trims om sangat membantu bagi newbie kayak saya.
    tks

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mas, sangat bermanfaat untuk seperti saya yang masih baru dalam dunia blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas, kebanyakan Publizer gak ingin mempelajari petunjuk penggunaan adsense padahal disana sudah lengkap, terkadang mereka senang membaca di blog lain.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel